Hubungan Motivasi Menjadi Bidan Dengan Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan Pada Mahasiswi Semester II Program Studi Diploma III Kebidanan STIKes Medika Nurul Islam

Ida Rona, Ummi Marsyita

Abstract


Belajar merupakan kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis   dan   jenjang pendidikan. Mengetahui konsep dasar asuhan kebidanan pada ibu hamil adalah sebagai dasar melaksanakan asuhan selanjutnya. Namun kenyataannya masih terdapat diantara mahasiswa kebidanan yang tidak mempunyai cita-cita utama untuk menjadi bidan, hal ini bisa saja menjadi hambatan dalam proses belajar dibangku perkuliahan. Dengan mempelajari konsep dasar asuhan kehamilan ini bidan mempunyai bekal yang cukup mengenai konsep dasar asuhan kehamilan, sehingga dengan bekal konsep dasar ini bidan memenuhi kebutuhan ibu hamil dan memahami perubahan yang terjadi sehingga dapat memberikan pengetahuan yang tepat pada ibu hamil, keluarga dan masyarakat. Untuk mengetahui hubungan antara motivasi menjadi bidan dengan prestasi belajar Asuhan Kebidanan Ibu Hamil pada mahasiswi semester II Diploma III Kebidanan STIKes Medika Nurul Islam. Penelitian ini adalah bersifat analitik dengan pendekatan cross-sectional, dilakukan di program studi DIII Kebidanan STIKes Medika Nurul Islam pada tanggal 22 Juli 2017, pengambilan sampel dengan total sampling sebanyak 34 responden, pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil uji statistik menggunakan chi-square menunjukkan nilai hitung p-value 0,032 dimana hal ini p-value 0,032<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis H0 ditolak, artinya ada hubungan yang signifikan antara motivasi menjadi bidan dengan prestasi belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan pada mahasiswi semester II Diploma III Kebidanan STIKes Medika Nurul Islam Sigli. Motivasi menjadi bidan pada kategori baik sebanyak 22 responden (64,7%), cukup sebanyak 12 responden (35,3%) dan tidak ada yang berada pada kategori kurang. Nilai prestasi belajar pada kategori Baik sebanyak 24 responden (70,6%), Sangat Baik 7 responden (20,6%), Cukup sebanyak 3 responden (8,8%) dan tidak ada yang berada pada kategori kurang. Saran : Diharapkan bagi mahasiswi untuk terus menumbuhkan motivasi  menjadi bidan pada mahasiswi agar dapat mendongkrak prestasi belajar.

Kata Kunci: Motivasi menjadi bidan, Prestasi Belajar, Asuhan Kebidanan  Kehamilan


Full Text:

PDF

References


Arikunt0. 2018. Metodelogi Penelitian.EGC. Jakarta

Budiarto E, 2011. Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

Depkes RI. 2018. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Depkes RI.

Dwi Kurniawati, Riska. 2013. Hubungan antara minat menjadi bidan dengan prestasi belajar pada mahasiswa D III Kebidanan semester IV di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisiyah Yogyakarta tahun 2013.

Hamalik O, 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat AA, 2007. Metode Penelitian Kebidanan Teknik analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Makmun AS, 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Meiliya, E & Karyuni, E.K. (2017). Buku Saku Manajemen Masalah Bayi Baru Lahir Panduan Untuk Dokter, Perawat dan Bidan. Jakarta: EGC.

Muhibbinsyah, 2012. Psikologi Belajar, Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo S, 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurhayati. 2006. Hubungan antara Motivasi Belajar, Sikap Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Ilmu Kebidanan serta Kemampuan Menggunakan KIT Kebidanan dengan Hasil Ilmu Kebidanan Mahasiswa Semester IV Politeknik Kesehatan Jurusan Keperawatan Tanjung Karang. http://library@ac.id,.Diakses pada tanggal 20 Mei 2017.

Nurhidayati. 2006. Hubungan Antara Minat dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam. http://jurnal.um.ac.id,. Diakses pada tanggal 20 Mei 2017.

Nursalam, 2003. Konsep dan Pendekatan Praktis Metodologi Penelitian Ilmu eperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Ormrod JE, 2003. Educational Psychology Developing Learners. 4th ed. University of Northern Colorado.

Sanusi.IA. 2014. Buku Ajar Gastroenterologi. Jakarta

Sardiman, 2017. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada.

Sri Esti Wuryani Djiwandono, 2002, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Gasindo Sugiyono, 2003. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata NS, 2018. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah M, 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Taufiqurrohman MA, 2004. Pengantar Metodologi Penelitian untuk Ilmu Kesehatan. Yogyakarta: CSGF.

Uno HB, 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wigunatiningsih A, 2006. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi

Belajar pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar Semester I. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Karya Tulis Ilmiah Kebidanan.

Winkel WS, 2012. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.32672/jss.v10i2.4959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ida Rona, Ummi Marsyita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Â